Liburan di Homestay Bareng Keluarga, Simak Panduan Ini Agar Tak


TEMPO.CO, Jakarta – Perencanaan yang baik menjadi kunci untuk membuat liburan berjalan lancar, nyaman dan antistres. Namun seringkali, para wisatawan kesulitan untuk menemukan tempat menginap atau homestay untuk liburan bersama keluarga.

Padahal pada intinya, pemilihan homestay ditentukan oleh kebutuhan masing-masing keluarga. Karena itu, ada beragam jenis homestay yang dipilih mulai dari homestay mewah, butik hingga safari.

Berikut adalah tip yang bisa menjadi panduan untuk memilih homestay seperti yang dilansir dari Departures:

– Tentukan siapa saja yang mau diajak liburan

Makin banyak anggota keluarga yang ikut, tentu akan lebih banyak energi dan biaya yang harus dikeluarkan. Jika anggota keluarga yang ikut sampai 10 orang, maka harus dipastikan homestay yang tersedia cukup besar.

Soal kebutuhan masing-masing anggota keluarga juga perlu dipikirkan. Misalnya, jika ada kakek dan nenek yang ikut, maka kebutuhan ruang kamar dan kamar mandi harus dipastikan ramah lansia. Atau jika ada bayi, maka harus ada ruangan yang jauh dari kamar lain untuk mencegah gangguan ketika bayi menangis.

– Pastikan ketersediaan perlengkapan rumah penginapan tersedia

Bisa saja untuk menghemat, wisatawan memilih untuk memasak sendiri selama menginap di homestay. Maka, penginapan yang dipilih harus punya semua alat memasak yang dibutuhkan.

Selain itu, ketersediaan bahan bumbu dapur harus diperhatikan agar tidak perlu membawa sendiri. Atau setidaknya penginapan yang dipilih tidak jauh dengan pasar tradisional atau supermarket.

– Jika memilih menginap di hotel berbintang

Dalam beberapa situasi, menginap di homestay memang tidak cocok bagi sebagian kasus liburan keluarga. Apalagi jika liburan malah menambah pekerjaan rumah, misalnya harus mencuci, membersihkan ruangan atau membereskan kamar tidur.

Karena itu, banyak keluarga yang memilih liburan di hotel daripada menyewa rumah. Di banyak hotel di Las Vegas, pengelola sudah menyiapkan fasilitas lengkap dengan waktu beroperasi selama 24 jam.

– Atau pilih opsi liar yang menantang dengan homestay bersama keluarga

Tinggal sementara waktu di lokasi baru dengan suasana yang bebas, dekat alam, laut, gunung dan gua akan memberi kesan berbeda. Apalagi jika bisa menjalaninya bersama keluarga.

– Pilihlah suasana selama liburan hendak berkomunikasi dengan orang lain atau tidak

Beberapa orang masih ingin terhubung dengan keluarga dan teman selama berlibur. Beberapa malah ingin benar-benar terbebas dari koneksi dengan orang luar termasuk keluarga dan teman.

Karena itu, jika ingin bebas dari koneksi bersama keluarga dan teman, maka harus dipastikan semua daftar kebutuhan untuk liburan sudah terpenuhi. Jika hendak berkomunikasi dengan orang lain selama liburan, harus dipastikan tempat penginapan memiliki jaringan internet.

Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *