Sosial Media: Pengertian, Ciri dan Keuntungannya

Internet marketing adalah salah satu teknik pemasaran terbaru yang mengandalkan perkembangan teknolgi saat ini. Salah satu media yang biasa digunakan untuk internet marketing adalah sosial media marketing. Nah, kamu sudah tahu belum apa itu sosial media marketing?

Kalau kamu merupakan seorang pembisnis sebaiknya kamu harus tahu mengenai internet marketing satu ini. Karena bisa jadi, produk yang kamu pasarkan bisa laris manis mendapatkan untung hanya dengan melakukan sosial media marketing.

Pengertian Sosial Media Adalah

Sosial media adalah media yang bisa digunakan untuk melakukan promosi. Dengan sosial media kamu bisa membangun engagement dengan para konsumen atau calon konsumen tanpa harus bertatap muka. Kamu juga bisa mendapatkan fitur unik yang memungkinkan untuk bisa berbincang hanya dengan mengklik satu kali tombol saja, seperti share, like, retweet, dan lain-lain.

Bahkan hanya dengan melakukan mention atau tag pada teman mu di sosial media, kamu dengan mudah bisa berbagi informasi.

Jangkauan wilayah dan waktunya pun tak terbatas. Sehingga dengan kemudahan dan kelebihan yang ditawarkan kita harus bisa memanfaatkannya dengan maksimal.

Ciri-Ciri Unik Sosial Media

Apa itu sosial media juga bisa kamu lihat dari ciri uniknya, yaitu:

Sosial Media Transparan

Ya, sosial media ini sifatnya terbuka pada berbagai macam informasi. Sebab tujuannya adalah menyebarkan informasi itu sendiri agar mudah diketahui oleh public, baik individu atau kelompok. Sifat yang transparan ini lah bisa membantu kamu untuk menginformasikan produk pada banyak orang.

Baca Juga: Pengertian Digital Marketing

Sosial Media Bisa Menjalin Hubungan Tanpa Bertemu dengan Siapa Saja

Kalau dulu, saat kita ingin menjalin suatu hubungan entah itu bisnis atau pertemenan, lalu ingin mengobrol atau sharing, kamu harus bertemu langsung dengan orang tersebut. Namun dengan hadirnya sosial media, kamu sudah bisa berinteraksi dengan siapapun.

Sosial Media – Jejaring Sosial

Sosial media juga mempunya hubungan antar pengguna, misal seperti jaring laba-laba yang terhubung antara satu dan lainnya. Mereka juga bisa saling berkomunikasi serta menjalan pertemanan.

Sosial Media – Interaktif

Saat kamu ingin mengungkapkan pendapat atau berargumentasi dengan user lain, kamu bisa melakukannya dengan mudah bahkan dengan interaktif. Lagi-lagi hal ini bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka ya..hehe

Sosial Media – Media Promosi Online

Nah, bagi para pembisnis poin ini tentu menjadi hal yang sangat diperlukan. Sosial media mempunya tools atau sebuah fitur yang bisa memunculkan banyak sekali peluang profit. Asalkan kamu memahami penggunaan fiturnya, tentu kamu bisa mendapatkan untung.

Tahukah kamu, kalau sekarang ini sudah semakin banyak produsen atau pun pelaku bisnis yang tak hanya mempunyai blog atau pun website saja. Tapi juga mempunyai akun Facebook, Instagram, Pinterest, Twitter, dan lain-lain agar bisa memperkenalkan produknya atau sekedar menjalin hubungan guna meningkatkan mutu pelayanan atau penjualan.

Media sosial bisa membantu kamu mendapatkan informasi mengenai konsumen. Bagaimana gaya hidupnya, apa yang dicari, apa yang mereka inginkan. Dengan informasi tersebut kamu bisa membuat content marketing yang memang dibutuhkan oleh para konsumen.

Lantas, kenapa sih harus mempunyai sosial media?

Sosial media marketing atau biasa disingkat SMM merupakan hal yang perlu kamu lakukan. Mengapa? Tentu saja ada alasan penting yang harus kamu tahu. Berikut alasan mengapa harus mempunyai sosial media untuk menjalankan sosial media marketing.

Alasan Mengapa Harus Mempunyai Sosial Media

Bisa Menginformasikan Bisnis Pada Siapa Saja

Sosial media bisa membantu kamu untuk memberitahukan bisnis mu pada siapa saja, khususnya pada target market mu bahwa kamu memiliki sebuah produk yang dibutuhkan. Tentunya, bagi mereka yang membutuhkan produkmu, informasi ini sangat penting.

Kamu bisa menambah jumlah followers atau pun memperbesar target market serta memperkenalkan produk dengan jangkauan lebih luas dengan biaya yang relative lebih murah.

Bisa Tahu Bagaimana Respon Konsumen atau Target Market pada Produk

Lewat sosial media, kamu juga bisa dengan mudah tahu bagaimana sih kesan atau respon para konsumen dan target market terhadap produk yang kamu pasarkan. Hal ini tentunya sangat penting agar kamu bisa mendapatkan feedback yang tepat sehingga dapat menambah kualitas dan mengantisipasi bila ada komentar negative yang bisa merusak bisnis.

Kamu juga bisa saja merespon sebuah komentar positif customer yang sudah menggunakan produk mu. Dengan begitu hubungan dengan pelanggan dan testimoni pun bisa dibaca oleh banyak orang. Sosial media juga menawarkan komunikasi yang lebih interaktif. Tinggal bagaimana kamu pintar-pintar memanfaatkannya saja 

Bisa Beriklan dengan Lebih Murah

Kalau soal pembiayaan, kamu juga bisa membandingkan mana yang paling murah namun bisa mendapatkan insight yang bagus. Kamu bisa mengandalkan iklan di sosial media ketimbang melakukan iklan konvensional, seperti memasang spanduk di jalan

Saat beriklan melalui sosial media, kamu bisa menentukan berapa durasi waktu iklannya, bagaimana jangkauannya, berapa budgetnya. Apalagi sekarang ini Instagram sudah terhubung langsung dengan facebook sehingga biaya iklannya pun bisa semakin murah.

Peluncuran Produk Baru Dilakukan dengan Mudah

Semua proses pemasaran tentu saja ada proses termasuk sosial media marketing. Namun kemudahannya bisa kamu dapatkan, apalagi saat peluncuran produk baru. Kamu bisa coba memanfaatkan influencer atau melakukan iklan.

Peluang Pengguna Social Media di Indonesia

Apakah kamu sudah tahu berapa banyak akun social media aktif di Indonesia saa ini? Berdasarkan data statistic terbaru, setidaknya ada 96 juta akun yang aktif. Tentu ini bukan jumlah yang sedikit. Bahkan para pengguna bukan hanya sekedar mengupload gambar atau pun melakukan sharing aktivitas hariannya saja, namun mereka juga konsumtif sekali berbelanja via sosial media. Peluang yang cukup besar bukan?

Sekarang ini, sudah banyak produk-produk yang ditawarkan melalui sosial media. Fashion, Interior, makanan, obat-obatan, bahkan kendaraan bermotor pun mengandalkan sosial media untuk kegiatan pemasarannya. Jadi, kamu tak usah ragu lagi memanfaatkan peluang media satu ini.

Hal paling penting saat kamu mau menggunakan sosial media sebagai media promosi. Kamu harus menentukan strategi yang objektif agar bisa mengaktivasi akun sosial media bisnismu. Business objective akan dengan mudah terhubung langsung dengan alasan kamu mengaktivasikan social media account, seperti Instagram.

Jawabannya adalah mengacu pada nature tiap benda atau service yang kamu tawarkan. Artinya tidak semua bisnis mempunya sosial media marketing yang sama. Ingat, TIDAK SAMA. Jadi kamu harus mempelajari pola social media marketing dengan bisnis serupa.

Misal, akun sosmed yang menjual produk fashion dengan akun yang menjual produk Kesehatan. Tentunya strategi objektif sosial media tersebut akan berbeda baik dari segi konten atau pola.

Keuntungan Menggunakan Social Media sebagai Alat Pemasaran

Apakah kamu masih ragu untuk menggunakan sosial media sebagai alat pemasaran? Berikut ini beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan saat menggunakan social media.

Pembiayaan dan harga yang relative murah

Tahukah kamu kalau membuat akun sosial median untuk bisnis itu gratis? Berbeda hal nya dengan kamu membuat sebuah toko di pinggir jalan yang memerlukan banyak biaya. Namun biar pun pembuatannya gratis tentu nantinya kamu juga harus mengeluarkan biaya untuk pembuatan konten berkualitas.

Sangat Fleksibel Saat Ingin Menjalankan Paid Advertising

Bila kamu menggunakan paid advertising miliki facebook tentu kamu akan mendapatkan kenyamanan. Sebab iklan bisa kamu jalankan kapan pun, saat kamu membutuhkannya, serta bisa menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

Bisa Mengganti Konten dengan Rutin dan Teratur

Berbeda hal nya dengan media lain, kamu bisa mengupload konten berbeda tiap harinya. Menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. Bandingkan saja dengan iklan radio atau pun tevelvisi, iklan yang dijalankan hanya satu skrip saja.

Social Media Presence

Tentu saja social media presence sangat dibutuhkan oleh bisnis sebab konsumen akan mencari informasi tentang sebuah produk atau pun servis lewat akun sosial media, selain menggunakan search engine tentunya.

Manajemen customer

Tak sedikit bisnis yang melupakan betapa pentingnya hubungan antara konsumen, sehingga para konsumen itu pun akan beralih pada competitor sebuah produk atau pun servis yang sama. Akun sosmed yang kamu buat bisa menampung aneka macam keluhan hingga saran dari konsumen. Sehingga kamu bisa melakukan perbaikan dengan tepat.

Menentukan Platform Sosial Media yang Tepat untuk Bisnis

Bagaimana Menentukan Platform Sosial Media yang Tepat untuk Bisnis?

Platform sosial media tentunya tidak hanya ada satu. Ada berbagai macam yang bisa kamu pilih, seperti Twitter, Facebook, Instagram, LinkedIn, atau YouTube. Tentu tiap platform mempunya audience yang berbeda-beda sehingga kamu harus bisa menyiapkan strategi dan konten yang berbeda juga.

Misalnya saja, kamu mau menggunakan facebook sebagai platform untuk menginformasikan bagaimana sih nilai dari perusahaan serta bisnis mu secara keseluruhan. Sementara Instagram bisa kamu gunakan untuk show case benda atau pun servis yang kamu tawarkan.

Sebab objektif yang nilainya berbda sehingga kamu tentunya harus membuat 2 strategi konten yang berbeda juga untuk kamu masukkan ke dalam dua platform tersebut.

Semantara itu, untuk mengetahui mana sosial media yang paling cocok, kamu bisa melakukan riset bisnis terlebih dahulu. Entah itu melakukan riset Analisa pada internet bisnis atau pun eksternal bisnis. Keduanya amat sangat dibutuhkan dan tidak bisa kamu sepelekan ya.

Karena bagaimana pun kamu akan bersaing dengan competitor melalui Instagram. Kamu jangan idealis sendiri soal social media marketing sebab ilmu ini tentunya akan terus berkembang. Jadi kamu pun tidak boleh luput mengamati pergerakan sosial media marketing para competitor.

Nah, itulah pembahasan mengenaik sosial media marketing lengkap dengan keuntungan dan cara pemilihan sosial media marketing yang tepat. Bagaimana? Sekarang kamu sudah cukup terbuka dengan dunia internet marketing khususnya di sosial media kan? Peluang mu cukup besar, bahkan kalau strategi yang diterapkan tepat, kamu tentu bisa mendapatkan profit dengan cepat. Namun tenang saja, jangan terburu-buru, karena kamu membutuhkan riset dan kehati-hatian agar marketing yang kamu lakukan bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga: Sosial Media Marketing

Bila kamu tidak mampu melakukannya sendiri, cobalah untuk meminta bantuan mereka yang ahli dalam bidang social media marketing. Tentunya kamu akan membutuhkan biaya, namun kamu juga bisa mendapatkan profit penjualan dengan bantuan sosial media marketer yang kamu rekrut. Yuk, gunakan social media marketing sekarang juga!

Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *