Kalahkan Bali Dan Lombok, Inilah 17 Destinasi Wisata Di Labuan

Destinasi wisata di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur menyajikan wahana wisata alam yang luar biasa. Lanskap alam yang menarik, garis pantai yang istimewa dan juga panorama yang tiada duanya, bisa kamu nikmati dengan leluasa di waktu liburmu. Namun, tidak hanya di Labuan Bajo, ada belasan, bahkan puluhan destinasi wisata asyik lain di Flores yang wajib kamu kunjungi.

Salah satunya yang wajib kamu lihat di Flores tentunya keajaiban dunia, Komodo. Tidak sedikit destinasi wisata di Labuan Bajo yang menghadirkan hewan eksotis dari Indonesia Timur itu sebagai atraksi utamanya. Melihat cara mereka hidup, makan, berinteraksi dengan lingkungannya, semuanya luar biasa. Tapi, selain menikmati kehidupan liar para Komodo itu, banyak juga destinasi wisata di Labuan Bajo dan Flores, yang dijamin membuatmu terpesona dan enggan pulang.

1. Pulau Padar yang mengagumkan

Tidak ada kata lain yang bisa menggantikan kata mengagumkan ketika mengunjungi Pulau Padar. Rasanya, pernyataan bahwa pulau Padar merupakan cuilan kecil dari surga yang terserak di bumi bukanlah hal yang berlebihan, bukan begitu?

Image credit: @icandalo (kanan) dan @tinorenato

2. Wae Rebo yang berada di atas awan

Image credit: Wonderful Indonesia

Desa ini begitu ikonik, pun eksotik. Bukan hanya karena lokasi dan bentuk rumah-rumah adat yang ada di sana, tapi semua hal yang terkait dengan desa Wae Rebo itu sendiri.

Image credit: @icandalo

Kunjungan ke desa ini akan memperkenalkan kamu kepada budaya dan kisah kehidupan suku Manggarai di sana. Kalau tertarik, kamu juga bisa menginap di salah satu rumah warga lho!

3. Kearifan lokal dan semangat hijau di Sawah Lingko

Image credit: @linggabinangkit

Kamu tidak akan menjumpai bentuk sawah bak sarang laba-laba di tempat selain Desa Cangar, Kabupaten Manggarai. Petak sawah melingkar ini memang dibuat secara khusus, yang terkait pola pengelolaan lahan secara adat. Biar pengalaman berlibur kamu ke Flores semakin berkesan, tidak ada salahnya bertanya dengan guide lokal mengapa sawah dibentuk sedemikian.

4. Menjelajahi alam yang alami di Pulau Kelor

Siapa yang tidak suka menjelajahi alam yang masih natural, belum banyak tersentuh peradaban?

Image credit: @langkahjauh (kiri) dan @dhe_theiiyaaa

Di Flores, kamu bisa menemukan destinasi wisata seperti ini di Pulau Kelor – pulau kecil dengan pasir yang putih dan tetumbuhan yang menghijau di bagian tengah, serta riak kecil ombak yang tenang. Destinasi aduhai ini cocok sekali untuk yang sedang mencari ketenangan!

5. Pantai Pink yang cute dan cantik

Penyuka warna merah muda tidak boleh melewatkan destinasi wisata di Labuan Bajo yang satu ini. Dilihat dari mana pun, spotnya asyik, keren dan so pinky!

Image credit: @mayaaselfianaa (kanan) dan @bang_tora

Mau sekadar berenang, sun bathing hingga snorkeling, yang kamu lihat dan rasakan adalah kepuasan batin karena sudah menyaksikan indahnya ciptaan Tuhan. Adem!

6. Gili Laba, spot asyik menikmati sunset

Image credit: @soehardiansyah_b_poetra

Tidak sedikit tempat wisata cantik yang bisa kamu kunjungi di Flores. Satu di antaranya adalah Gili Laba, atau juga dikenal sebagai Gili Lawa Darat.

Image credit: @rubenkristianto (kiri) dan @livingonboard.id

Pulau kecil ini menawarkan tempat yang seru untuk menikmati alam Flores dari ketinggian. Sedikit trekking menjelang sore, kamu bisa sampai ke puncak dan menyaksikan nuansa sunset yang syahdu di Flores.

7. Surga kecil bernama Pulau Kanawa

Laut biru sebening kaca, pantai dengan pasir putih tanpa noda, terumbu karang yang eksotis dan lanskap yang instimewa.

Image credit: @komangayutriadnyani (kiri bawah), @missglacie (kiri atas) dan @josajah (kanan)

Ya, itulah gambaran singkat keindahan Pulau Kanawa dan sekitarnya. Keindahan ini tentunya menjadikan Pulau Kanawa salah satu destinasi wisata di Labuan Bajo yang wajib kamu kunjungi. Janji deh, tidak ada ruginya sama sekali mengunjungi spot wisata tropis ini.

8. Keajaiban Danau Kelimutu

Image credit: @oyi_k

Mulai dari mitos, atmosfer hingga catatan sejarahnya, Danau Kelimutu sudah memunculkan rasa penasaran bagi siapa pun yang mengetahuinya. Bayangkan saja, tiga danau besar di puncak gunung Kelimutu, yang memiliki tiga warna berbeda dan bisa berubah di waktu-waktu tertentu. Masa kamu tidak tertarik menyaksikan keajaiban ini selagi berada di Flores?

9. Goa Rangko Labuan Bajo, bak oase di tengah gurun

Image credit: @nieljandri

Tidak sedikit yang mengenalnya sebagai Goa Buaya, namun apa pun namanya, semua orang sepakat dengan keindahan tiada tara yang disajikan Goa Rangko. Bayangkan saja, ada goa di ceruk bumi, berisi air asin jernih dan dipenuhi stalaktit cantik. Terdengar keren, kan? Jangan sampai tidak berfoto di dalamnya, ya!

10. Atol Mangiatan yang eksotis

Image credit: @olanrisna

Atol, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, adalah pulau karang berbentuk lingkaran, biasanya di tengahnya terdapat danau atau laguna. Dari definisinya saja, kamu sudah bisa menggambarkan betapa eksotisnya destinasi wisata di Labuan Bajo  ini. Tapi kalau masih belum bisa, boleh cek fotonya di sini, dan langsung agendakan liburan ke sana, ya!

11. Memanjakan mata dan hati di Cunca Wulang

Image credit: @captain_potter

Kamu yang ingin memanjakan mata dan hati di tempat yang sedikit berbeda di Flores maupun Labuan Bajo, bisa langsung berkunjung ke Cunca Wulang. Bukan hanya menemui lembah yang Instagenik, kamu juga akan mendapati air terjun yang eksotik. Berswafoto di sini pastinya akan menghasilkan gambar yang keren!

12. Mengenal tradisi megalitik di Desa Tradisional Bena, Bajawa

Image credit: @go.handaya

Bukan hanya Wae Rebo yang memesona, terdapat desa lain yang tidak kalah seksi di Flores yaitu Kampung Bena.

Image credit: @thatguyjournal

Perkampungan megalitikum ini terletak di puncak bukit dengan panorama gunung Inerie yang menjadi latar menarik kampungnya. Rumah adat dan tradisi nenek moyang yang dipertahankan menambah sisi eksotis kampung ini. Kamu harus datang deh ke sini saat jalan-jalan ke Flores!

13. Pulau pasir yang unik, Taka Makassar

Image credit: @weekendfrocks

Jika kamu ingin melihat sesuatu yang istimewa di Flores, Taka Makassar boleh menjadi jujukan kamu. Pulau pasir ini muncul hanya di saat laut sedang surut, dan ukurannya tidak lebih besar dari lapangan sepak bola.

Image credit: @lina_akmal

Yang menjadikan Taka Makassa semakin luar biasa adalah koral indah di sekeliling pulau. Pastinya kalau kamu lihat dengan snorkeling, dijamin kamu tidak akan kecewa.

14. Manta Point, surganya pecinta diving

Image credit: @telegraphtravel

Ini menjadi tempat wisata di Flores paling terkenal di kalangan diver pemula maupun profesional.

Image credit: @marischkaprue

Bagaimana tidak, selain bisa menyaksikan alam bawah laut yang keren, kamu juga bisa melihat ikan Manta, atau bisa juga disebut ikan Pari raksasa, yang berenang ke sana kemari dengan sangat bersahabat. Jangan sampai tidak membawa underwater camera kamu, ya!

15. Menguak keistimewaan Goa Batu Cermin

Image credit: @w4w4nwaw

Butuh waktu sedikit panjang untuk bisa menyaksikan keajaiban di Goa Batu Cermin. Namun jika datang di waktu yang tepat, kamu akan tahu mengapa lokasi ini dinamai demikian. Tipsnya, datang siang menjelang sore.

Image credit: @cherryblossomgurl

Jangan khawatir bakal mati gaya karena panorama yang ditawarkan di goa ini kece banget!

16. Pulau Rinca, surganya hewan purba

Image credit: @balnyes

Selain Pulau Komodo, Pulau Rinca menjadi salah satu destinasi wisata di Labuan Bajo lain untuk bisa melihat dari dekat hewan prasejarah yang masih tersisa ini.

Image credit: @kimbala1975

Kunjungan ke NTT pastinya tidak boleh melewatkan kesempatan untuk berfoto bersama Komodo, bukan begitu?

17. Menilik Liang Bua, rumah bagi Hobbit dari Flores

Destinasi wisata di Labuan Bajo ini bisa jadi menjadi spot favorit bagi para arkeolog, paleontropolog dan peneliti kehidupan masa lampau. Faktanya, di Liang Bua inilah untuk kali pertama ditemukan fosil manusia hobbit di Nusa Tenggara Timur. Lokasinya yang cukup eksotik juga membuat tempat wisata ini kerap dijadikan spot berswafoto. Instagenik, sih!

Image credit: @eazytraveler

Baca juga: 10 Hotel Murah Di Bali Dengan Infinity Pool Luar Biasa

Punya destinasi wisata di Labuan Bajo lainnya yang layak direkomendasikan? Yuk, bagikan disini! Jangan lupa juga gunakan #TripZillaTraveller saat membagikan foto-foto travelling kamu di Instagram untuk kesempatan difitur di Instagram resmi TripZilla Indonesia.

 

Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *